Khidmatnya Pelaksanaan Upacara Harlah Pancasila di PPSDM Migas


Dilihat : 83 Kali | 03-06-2024 09:39:27

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka Hari Lahir (Harlah) Pancasila pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Sebagai pemimpin upacara, Kepala PPSDM Migas Waskito Tunggul Nusanto membacakan amanat dari Kepala Badan Pengembangan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” terangnya pada pembukaan amanatnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia membacakan bahwa dengan semangat Pancasila yang kuat, kita yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

Mengakhiri pidato ini, ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya dalam pembacaan amanat tersebut.

Seluruh pegawai PPSDM Migas turut menghadiri upacara tersebut yang dimulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 07.30 WIB. Untuk Aparatur Sipil Negara menggunakan seragam Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) sedangkan untuk pegawai non Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan pakaian batik.